Judul Buku: “Sherlock Holmes: A Study In Scarlet (Pembuktian Kesimpulan)”

Pengarang : Sir Arthur Conan Doyle
– Ringkasan
Dr. John H. Watson adalah seorang ahli bedah dinas ketentaraan yang bertugas pada Perang Afghanistan II dan tertembak di bahunya. Karenaluka itulah, dia dipulangkan ke London di Inggris. Dia bertemu dengantemannya dan diperkenalkan dengan Sherlock Holmes yang bersediatinggal bersama Watson di sebuah apartemen di Jalan Baker.Watson terkagum dengan keunikan Holmes yang mempunyai kemampuanyang tinggi dalam mengambil kesimpulan dan Holmes menjelaskan kepadaWatson bahwa dia seorang konsultan detektif.Holmes membuktikan teori observasi dan deduksinya denganmemprediksi seorang pembawa pesan yang merupakan sensan mariniryang sudah pensiun. Pembawa pesan itu mengantarkan pesan untukHolmes dari Inspektur Tobias Gregson yang berisi tentang permohonanuntuk membantu kasus pembunuhan yang aneh.Di rumah kosong tempat ditemukannya mayat Enoch J. Drebber, ditemaniWatson, Holmes bertemu dengan Inspektur Gregson serta InspekturLestrade.
Setelah mengobservasi rumah tersebut dan menyela deduksiInspektur Lestrade serta ditemukannya sebuah cincin tunangan dekatmayat, Holmes menyimpulkan bahwa pembunuhnya adalah seorang priadengan tinggi enam kaki, berwajah kemerah-merahan, dan berkaki kecildengan sepatu bot kasar dan berujung kotak serta merokok cerutuTrichinopoly. Di dekat mayat terdapat tulisan “Rache”,yang diartikanHolmes ‘dendam’ dalam bahasa Jerman, dengan darah pelaku yangmembuat Holmes menyimpulkan bahwa kuku jari tangan kanan pelakusangat panjang.
Setelah itu, Watson menemani Holmes untuk mengunjungi John Rance,polisi yang menemukan mayat Drebber. Rance mengatakan bahwa diamenemukan seseorang yang mabuk di rumah kosong tersebut dan Holmesberkata bahwa ‘pemabuk’ itu adalah pelaku pembunuhan itu.Holmes memasukan cincin tunangan yang ditemukan sebelumnya padasebuah iklan, dan dijawab oleh seorang wanita tua yang mengaku bahwacincin itu milik putrinya yang sudah menikah. Holmes mengikutin wanita itudan mengatakan ke Watson bahwa wanita itu adalah teman pembunuh yang berakting. Gregson datang dan mengaku telah menemukan dan menangkappembunuhnya, Tuan Arthur Charpantier. Lestrade lalu datang dan berkata bahwa dia menemukan Joseph Stangerson, salah satu nama yang tercantum di dokumen dekat mayatDrebber, sudah mati, dibunuh dengan ditusuk jantungnya.
Dekat mayat Stangerson terdapat sebuah kotak berisi dua pil. Holmes menyimpulkanbahwa 1 pil adalah racun dan pil lainnya tidak berbahaya.Setelah itu, Wiggins seorang pemuda jalanan yang berpakaian kotor danlusuh datang dan mengatakan bahwa dia sudah menemukan sebuahkereta. Holmes memintanya untuk memanggil kusir kereta tersebut, yangternyata adalah si pembunuh, Jefferson Hope, dan menangkapnya dengansepasang borgol.Pada bagian kedua dari novel Sherlock Holmes ini, diceritakan bagaimanaasal usul Jefferson Hope.Pada tahun 1847 di Utah, John Ferrier dan seorang anak perempuanterdampar di padang pasir dan hampir mati karena kekurangan air. Merekalalu ditemukan oleh rombongan orang Mormon, dipimpin oleh BrighamYoung dan empat perwakilan suci. Mereka menyelamatkan dua orangtersebut dengan syarat mereka menganut agama mereka.Ferrier dan Lucy, yang diadopsi Ferrier menjadi putri angkatnya, tinggalbersama rombongan itu di kota Salt Lake. Beberapa tahun kemudian, Lucybertemu dengan Jefferson Hope dan bertunangan dengannya, tetapi tidak disetujui Young, si petua agama, karena Hope berbeda agama sertamemberi pilihan kepada Lucy untuk menikahi putra-putra dari empatperwakilan suci.
Mereka diberi waktu sebulan.Joseph Stangerson dan Enoch Drebber adalah 2 dari putra-putra empatdewan perwakilan suci yang datang ke rumah Ferrier, tetapi diusir karenaperlakuan mereka. Karena takut akan pasukan ‘polisi’ Brigham Young, yangbernama ‘Malaikat Pembalas Dendam’, Ferrier meminta bantuan Hope.Beberapa hari kemudian, menjelang waktu Ferrier dan Putrinya untukmemilih habis, Hope datang dan membantu mereka keluar dari kota SaltLake. Namun, saat sedang mencari makanan, Hope kembali dan sudahmenemukan makam John Ferrier, sedangkan Lucy hilang entah ke mana.Kembali di London, Hope yang sedang dibawa ke kantor polisimenceritakan kisahnya karena memperkirakan dia akan mati sebelumpengadilannya karena penyakit pembengkakan pembuluh nadi.Hope menceritakan bahwa ia kembali ke kota Salt Lake dan mendapatkaninformasi bahwa Lucy telah dipaksa untuk menikah dengan Drebber sertaJohn Ferrier telah dibunuh oleh Stangerson.Setelah Lucy meninggal, Drebber dan Stangerson meninggalkan kota SaltLake. Hope mencoba mengikuti mereka dan berujung di kota London. Diamenjadi kusir kereta di kota itu.Hope berhasil menemukan Drebber dan Stangerson. Dia mengikutiDrebber yang mabuk ke dalam rumah kosong dan memaksanya untukmengingat siapa dirinya. Hope lalu memaksa Drebber untuk meminumsalah satu pil dari dua pil yang dimilikinya, dan Hope meminum yang lainnya.
Drebber mendapatkan pil yang beracun dan meninggal karenakeracunan. Karena penyakit pembengkakan pembuluh nadinya ditambahdengan semangatnya, hidung Hope berdarah, lalu dia menulis ‘Rache’ dengan darahnya tersebut.Setelah meninggalkan rumah kosong itu, Hope baru ingat bahwa diameninggalkan cincin Lucy, dan berniat kembali ke rumah itu. Diamenemukan John Rance dan polisi lainnya di rumah itu dan berpura-puramabuk. Dia lalu meminta bantuan temannya untuk menjawab iklan cincinyang dipublikasikan Holmes.Hope lalu mengikuti Stangerson di hotelnya dan berniat membunuhnyadengan cara yang sama. Tetapi karena Stangerson mengetahuiperbuatannya kepada Drebber, Stangerson menyerang Hope dan Hopeterpaksa membunuhnya dengan menusuk jantungnya.Setelah diceritakan oleh Hope, Holmes dan Watson kembali keapartemennya. Hope tewas karena penyakitnya sebelum persidangannya.Holmes menunjukan berita di koran tentang Lestrade dan Gregson yangmendapatkan penghargaan atas terungkapnya kasus itu. Watson punmenjawab bahwa dia telah menulis fakta di jurnalnya tentang bagaimanaHolmes memecahkan kasus itu dan berniat untuk mempublikasikannya agar masyarakat luas mengetahuinya.
Hikmahnya:
Menjadi orang yang teliti seperti holmes sangat dibutuhkan , teliti dan sabar dalam menghadapi masalah-masalahnya agar semua misteri / masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan mudah.